Obat Jerawat

Jerawat adalah penyakit yang sanagt umum dikalangan remaja.Biasanya terjadi pada  anak laki-laki usia 12-18 tahun, dan perempuan usia 15-17 tahun. Masa pubertas sangat  rentan terhadap jerawat karena peni gkatan jumlah hormon kelamin androgen pada laki-laki dan perempuan sehingga kelenjar minyak menjadi lebih aktif dan terjadi peningkatan produksi jumlah minyak.

jerawat

Penyebab Jerawat

Jerawat terjadisaat kelenjar minyak tersumbat.Kelenjar minyak menghasilkan minyak yang bisanya keluar melalui kantung rambut ke permukaan kulit. Namun sel kulit bisa mneyumbat kantung rambut, sehingga menghalang minyak yang datang dari kelenjar minyak. Ketika kantung  rambut tersumbat bakteri kulit  mulai berkembang biak didalam kantung rambut dan menyebabkan innflamasi serta jerawat.

Jenis-Jenis jerawat

Jerawat ada dua jenis:

  • Jerawat non-infamasi tidak bengkak.Dan ditandai dengan adanya komedo terbuka komedo hitam atau tertutup komedo putih.
  • Jerawat inflamasi bengkak.Ditandai dengan jerawat yang timbul bengkak dan mencuat.

Biasanya pada setiap orang terdapat kombinasi kedua jenis jerawat didaerah yang terdapat kelenjar minyak paling banyak. Walaupun wajah adalah tempat paling sering berjerawat, jerawat bisa juga timbul di bagian dada, punggung,leher dan lengan bagian atas.

Faktor yang dapat mempengaruhi jerawat adalah :

  • Penggunaan kosmetik teruta,a yang berbasis minyak
  • Faktor emosi seperti stress dan cemas.
  • Faktor lingkungan seperti kelembapan dan debu kotoran .
  • Faktor hormonal seperti saat pubertas dan sebelum menstruasi.
  • Iritasi fisik dari penggunaan pakaian yang ketat.
  • Penggunaan obat tertentu. Obat yang dapat memperburuk jerawat  contohnya yang mengandung zat aktif.

Pengobatan Jerawat

Obat jerawat yang ada adalah yang mengandung zat ktif seperti:

Benzoil peroksida. Bekerja mmbunuh bakteri. Digunakan dua kali sehari efek biasanya selama 6 -8 minggu.

Antibiotok. Dapat membantu menghentikan atau menghambat pertumbuhan bakteri. Mengurangi inflamis bengkak.

Biasanya digunakan dalam bentu krim atau gel. Jika diunakan secara terpisah sering kali terjadi resistensi antibiotic bakteri mejadi kebal terhadap antibiotic. Sehingga biasanya digabungkan dengan penggunaan benzoil peroksida.

Jika penggunaan antibiotik secara topikal  gagal bisa menggunakan antibiotic tablet dengan dosis seabagi berikut:

  • Dosis tetrasiklin, awal 250 mg 2-4 kali sehari, dan kemuddian untuk perawatan diturunkan menajdi 250 mg sehari sekali.
  • Dosis entritromisin, awal 500-2.000 mg perhari dalam beberapa dosisi terbagi dan kemudian untuk perawatan diturunkan mejadi 250-500mg sehari.

Tretinoin. meghentikan pembentukan luka jerawat baru komedo dan meningkatkan pembentukan sel baru, membula sumbatan jerawat .Digunakan sekali sehari 30 menit setelah cuci muka.

Adapalene. Mengurangi pembentukan komedo.Digunakan sehari sekali pada pagi hari.Efek biasanya terlihat setelah 8-12 minggu.

Asam salisilat. Membantu meningkatan pengelupasan kulit juga meningkatkan kemampuan obat jerawat lain menembus kulit.  Asam salisilat tertamd  digunakan sebagai pembersih dan kemudian dicuci dengan air.

Sulfur. dapat digunakan sebagai keratolitik mengelupas kulit dan anti-bakteri.Obat yang mengandung sulfur digunakan 1-3 kali sehari.

Resorsinol. keratolitik mengelupas kulit dan efektif jika digabungkan dengan sufur.


=====================================

>>> Acne Cream Dokter Boyke, Obat Jerawat Yang Ampuh Menghilangkan Jerawat di Wajah Secara Alami Untuk Pria dan Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Jerawat Batu and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.